BETAPA PENTINGNYA MENJAGA LAMBUNG


Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah..Puji dan Syukur hanya kepada Allah SWT. jika pagi ini saya masih bisa menulis untuk kalian. Masih terus mengalir inspirasi-inspirasi yang bisa untuk saya sajikan kepada kalian. Harapan saya, semoga blog ini selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT. agar senantiasa menjadi blog yang bermanfaat bagi kalian.

Tak lupa shalawat serta salam yang sekhalis-khalisnya kepada Junjungan saya Nabi Agung Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. yang syafaatnya selalu dinantikan oleh Umat Islam sepanjang jaman, dunia hingga akherat.


Semoga keberkahannya senantiasa mencucuri ahli keluarga yang sangat Beliau kasihi, juga bagi para sahabat yang sangat Beliau sayangi, dan bagi kita semua para pengikut Beliau yang setia.

Pembaca Blog Solusi Cantik Dan Sehat dimanapun kalian berada...

Jika didalam Blog Solusi Sakit Maag saya spesial hanya menulis tentang sakit maag dan gerd, maka pada Blog Solusi Cantik Dan Sehat ini, saya ingin menulis untuk semua penyakit, yang tujuannya bagaimana agar kita semua menjadi sehat dan berpenampilan awet muda. Mau kan kalian ?

Sudah kita ketahui bersama bahwa kesehatan seseorang tergantung kepada Pola Hidup Yang Sehat. Pola Hidup Yang Sehat ini meliputi : Pola Berpikir, Pola Makan, dan Pola Istirahat. Jika ketiganya baik, insha Allah kita akan selalu sehat wal’afiat.

Pola Makan yang merupakan bagian dari penentu kesehatan seseorang sangatlah harus diperhatikan, karena dengan kebiasaan makanan yang tidak sehat, dengan cara makan yang tidak baik, akan menyebabkan kesehatan seluruh organ akan menjadi terganggu. Oleh karena itu Betapa Pentingnya Menjaga Lambung.

Mengapa ?

Lambung merupakan terminal utama sebagai pengolahan makanan. Dimana kemudian nutrisinya diserap oleh darah dari usus untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Jika lambung terganggu atau bermasalah, yang sering disebut sebagai sakit maag, maka seluruh fungsi organ tubuh akan bisa terganggu, karena terbatasnya nutrisi yang dibutuhkan tidak tercukupi.

Oleh karena itu jangan sepelekan sakit maag !

Sekarang ini penyakit maag sudah menggejala sebagai penyakit masyarakat. Namun tak banyak orang yang memperhatikannya. Kita semua masih menganggap sepele sakit maag. Kebanyakan kita masih mempunyai anggapan bahwa sakit maag adalah sakit yang sepele. Nanti kalau teratur makan, tidak makan yang pedas dan goreng-gorengan juga akan sembuh ! Tidak sesederhana itu teman !

Ternyata, sakit maag adalah sakit yang sungguh spesial, oleh karena itu perlu fokus dalam penanganan, dan tak main-main dalam mengupayakan pengobatannya. Sebab jika tidak, jika dianggap sepele, jika pengobatannya asal saja, maka pada saatnya, ia akan berkembang lebih lanjut menjadi GERD, asam lambung yang naik meluap keluar lambung kemana-mana.

Mau tahu akibat dari GERD ? jika asam lambung itu naik ke daerah dada, maka kelak diseputar dada akan terasa panas seperti terbakar. Jika ia naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar kencang sehingga debarannya seperti lonceng yang rasanya seperti mau copot saja.

Jika asam lambung itu naik ke area paru-paru, maka akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Jika asam lambung itu naik ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga), maka tenggorokan akan sering terjadi radang, tenggorokan akan sulit menelan, jika tenggorokan terjadi infeksi kemudian menyempit, inilah yang kemudian penderita akan merasakan jika tidur seperti dicekik orang dan tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena asam lambung yang naik ? Hidung bisa mengalami sinusitis. Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun. Bayangkan. Flu satu hari saja rasanya tak enak banget, bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun ?

Lalu bagaimana pula jika asam lambung merembes ke bagian telinga ? Orang yang terkena maag kronis yang kemudian berkembang menjadi GERD, sering kemudian pendengaran menjadi berkurang, bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali. Sangat memprihatinkan bukan ?

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan telinga saja yang kemudian bisa terganggu. Namun matapun bisa terkena dampak dari naiknya asam lambung kemana-mana. Penglihatan orang sakit maag dan GERD sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf mata terganggu oleh asam lambung yang merembes kemata. Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

Bukan itu saja penderitaan maag kronis dan GERD. Karena jika banyak organ menjadi terganggu fungsinya oleh naiknya asam lambung, maka penderitaan yang mereka alami sungguh sangat memprihatinkan. Kecuali lambung rasanya seperti disayat-sayat pisau, maka mereka juga akan sesak nafas, jantung berdebar, telinga sakit, mata kabur, tenggorokan akan sulit untuk menelan, dan juga kepala kliyengan bukan main. Bukan hanya itu saja yang mereka rasakan, namun masih banyak yang lain.

Saya bisa menceritakan seperti ini secara detail karena saya telah mengalami sendiri penderitaan ini hingga 18 tahun hingga kesembuhan saya. Oleh karena itu saya merasa sangat perlu untuk membagikan pengalaman ini untuk kalian semua semoga ada manfaatnya bagi kalian. Benar-benar setengah mati penderitaan sakit maag kronis dan GERD.

Dan orang banyak menganggap sakit maag adalah sakit ringan yang akan sembuh jika teratur makan dan menghindari makanan pedas dan goreng-gorengan. Orang juga banyak yang menyepelekan kepada penderita asam lambung. Dipikirnya itu penyakit sederhana. Apalagi penderitanya, secara physik masih kelihatan seperti orang sehat saja..Padahal penderitaannya luar biasa ! Sehingga sering menimbulkan rasa selalu takut mati. Ini takut itu takut. Astaghfirullah...

Betapa Pentingnya Menjaga Lambung.

Sebab jika lambung terganggu, maka dampaknya bagi kehidupan sungguh kompleks ! Jika lambung sudah parah, apalagi telah terkena GERD, asam lambung yang naik, keluar dari lambung, maka akan melumpuhkan kehidupan seseorang, karena ia hanya bisa terkapar ditempat tidur tanpa bisa beraktifitas apapun. Bahkan untuk mengurus dirinya perlu bantuan orang lain.

Untuk bangun perlu dibantu, berjalan perlu dibantu, kekamar kecil perlu dibantu. Bahkan untuk sekedar makan saja perlu dibantu dengan disuapi karena badan limbung, untuk mengangkat piring dan sendok saja tak mampu !!!

Pola makan orang sering sembarangan. Ada dua type pola makan yang sering menjadi penyebab timbulnya penyakit asam lambung.

Type pertama Type makan orang kaya :

Orang yang mempunyai banyak duit akan cenderung makan menurut selera kuliner mereka. Karena mereka mampu membeli apa saja yang ingin mereka makan. Tanpa mempedulikan lagi apakah makanan yang hendak mereka makan ini sehat tidak bagi tubuh. Toh jika terpaksa sakit, mereka tak perlu pusing memikirkan uang untuk berobat.

Setiap hari menunya yang enak-enak melulu. Sate, tongseng, mangut, capcay, rendang, gulai kakap, asam pedas gurami, ayam goreng, yang itu semua penyebab kolesterol tinggi, pemicu jantung koroner, penghantar darah tinggi, rawan stroke ! dan juga penyebab sembelit yang ujung-ujungnya akan menjadi ambeien.

Mereka tidak berfikir bahwa itu semua bisa menjadi penyebab penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan. Stroke akan menjadi repotnya yang merawat. Jantung koroner akan memakan banyak biaya jika harus pasang ring, atau operasi bypass jantung, darah tinggi juga tak enak pusing dan lemas terus demikian juga dengan diabet.

Orang banyak duit, pola makannya lebih cenderung memenuhi hasrat lidah bukan memenuhi kebutuhan untuk kesehatan tubuh. Jika lambung sering menjadi kuburan hewan seperti ini, dan lambung sering over kapasitas dalam menggiling karena orang-orang banyak duit selalu makan dengan gembul, maka lambung akan mengeluh, akan menjadi sakit dan bisa jadi tak bisa berfungsi lagi karena ia telah BOCOR ! 

Penderita sering tak bisa ditolong lagi jika menderita lambung atau ususnya telah bocor. Oleh karena itu kita semua patut berhati-hati sebelum terjadi. Makanlah sekedarnya, jangan menjadi Paman gembul. Kasihani lambung kita jika ingin sehat selalu. Lambung juga mempunyai keterbatasan dalam bertugas teman.

Maka GERD yang sering mengenai orang-orang mampu adalah gerd yang didahului dengan penyakit lambung terlebih dahulu, jadi sangat kompleks penderitaannya.

Lalu Type Yang Kedua adalah Type Makan Orang Tak Mampu :

Orang tak mampu sering tidak berfikir apa yang akan aku makan, namun berfikir apa yang bisa kubeli dengan uangku ? Sehingga meskipun tahu gizi yang baik bagi tubuh, namun tak pernah terbeli oleh keuangannya yang tersedia untuk hari-hari !

Orang tak mampu juga banyak yang terkena sakit maag, karena makan sering tak teratur. Saatnya makan belum bisa makan karena tak ada sesuatu yang bisa untuk dimakan. Orang kaya berfikir bagaimana bisa menambah kekayaannya. Namun orang tak mampu keras berfikir bagaimana setiap hari keluarganya bisa makan.

Kerasnya berfikir pada kalangan ekonomi lemah, sering menjadi penyebab mereka menderita penyakit gerd dimana lambung tak terlalu terasa sakit, namun keluhannya terjadi pada daerah kepala. Sakit kepala yang hebat setiap hari, kliyengan yang sangat mengganggu sehingga sering membuat penderita menjadi panik dan takut mati. Oleh karena itu betapa pentingnya menjaga lambung, agar tubuh kita selalu sehat.

Bagaimana cara menjaga lambung agar tetap sehat dan tidak terkena sakit maag ?
  • Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, sebagaimana nasehat Rasulullah SAW.
  • Makan hanya makanan yang halal zatnya, dan halal cara memperolehnya. Bukan dari korupsi, bukan dari merampok, atau hasil dari mencuri atau menipu seseorang.
  • Berdoa sebelum makan dan ucapkan syukur setelah makan. Ini hal yang sering disepelekan oleh banyak orang, namun manfaatnya sungguh luar biasa bagi tubuh.
  • Tentukan menu yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Cukup karbohidratnya, proteinnya, mineralnya, vitaminnya, seratnya, dan lain-lainnya. Jangan asal bisa beli dan bisa makan.
  • Minum air yang banyak setiap harinya karena untuk sehat tubuh membutuhkan air yang cukup, paling sedikit 2 liter setiap harinya.
  • Usahakan biasa minum air mentah dari sumber mata air yang higienis/sehat.
  • Makan buah atau minum air SEBELUM makan sebagaimana anjuran Rasulullah SAW. Bukan seperti kebiasaan kita selama ini, makan dulu baru minum air putih banyak-banyak SETELAH makan. Ini kebiasaan yang keliru. Sebab untuk memproses makanan, kondisi lambung perlu lembab, sehingga akan memperlancar proses pencernaan makanan.
  • Jangan makan dengan ekstrim misal terlalu banyak, dan jangan makan makanan yang terlalu ekstrim misal terlalu pedas, terlalu berlemak, terlalu merangsang, terlalu asin, terlalu manis, terlalu kasar, dan hindari semua makanan yang “terlalu2” agar lambung terjaga kesehatannya.
Demikian hal-hal yang bisa saya sampaikan tentang Betapa Pentingnya Menjaga Lambung. Semoga bermanfaat. Insha Allah sampai jumpa kembali dalam artikel-artikel yang akan datang.

Dan apapun keluhan kalian tak perlu khawatir, karena sekarang ada FIRMAX3 yang insha Allah bisa menjadi solusinya, APAPUN ITU yang sekaligus juga bisa membuat kalian lebih awet muda dari usia kalian yang sebenarnya. BACA DI SINI.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 27 Maret 2016

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
niniekss Label: 05.24 2 komentar

2 komentar

  1. Salam sehat selalu bunda..tetap T.O.P..Alhamdulillah blog ibu slalu jd inspirasi sy..makasih bunda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rosmiati Puspita

      Salam sehat kembali Mbak Ros, Maaf karena berbagai kesibukan, saya tak sempat lagi ngisi blog ini. Nah maka baru saya buka beberapa hari ini. Maaf beribu maaf baru sempat balas. Alhamdulillah jika blog ibu ada manfaatnya. Semoga Mbak Ros dan keluarga senantiasa sehat wal'afiat dan alam perlindungan Allah SWT. Aamiin.

      Salam,

      Hapus

Kembali ke atas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...