BAGAIMANA KITA MENJAGA KESEHATAN ?


Bismillahirahmanirrahiim...

Puji syukur ke Hadlirat Allah SWT. bahwa saya bisa membangun blog baru ini setelah blog saya “NiniekSS”, dan Blog “Solusi Sakit Maag”. Harapan saya dengan artikel-artikel yang akan saya tulis dalam blog ini akan menambah wawasan pembaca sekalian, akan betapa pentingnya arti kesehatan dalam hidup ini.

Shalawat serta salam yang setingi-tingginya bagi Junjungan saya Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW. Yang Syafaatnya senantiasa dinantikan oleh seluruh Umat Islam baik didunia maupun di akherat. Semoga kita senantiasa mendapat limpahan berkahnya, bisa meneladani ghirah perjuangan hidupnya, serta mempunyai kesalihan hidup yang tak jauh dari Beliau. Aamiin.


Saya senantiasa memohon kepada Allah Yang Maha Tak Terbatas ilmuNya, semoga terus berkenan menambahkan ilmu tentang kesehatan kepada saya yang selanjutnya bisa saya bagikan kepada pembaca sekalian di blog ini.

Pembaca sekalian yang tentunya sedang berikhtiyar mencari upaya kesehatan, atau kesembuhan dari sakitnya....

Setiap orang tentu sangat mendambakan kesehatan. Namun bagi yang telah dikaruniai kesehatan, jarang yang menghargainya, boro-boro mensyukurinya. Seseorang baru akan menyadarinya betapa berartinya kesehatan kalau kemudian ia jatuh sakit.

Sakit itu sungguh tak enak rasanya. Makan tak enak tidur tak nyenyak. Apalagi kalau harus dirawat di Rumah Sakit, dan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Mengapa Kita Perlu Sehat ?

Dengan sehat kita bisa beribadah dengan lebih baik. Bisa melakukan pekerjaan kita dengan lebih maksimal. Bisa bersilahturahmi kemana saja dengan leluasa. Bisa menghemat biaya hidup, karena tak perlu pengeluaran untuk berobat.

Dengan badan yang sehat insha Allah setiap urusan bisa diselesaikan dengan baik. Bayangkan kalau kita tidak sehat ? Tentu segala urusan akan terbengkelai.
Yang urusan pekerjaan kantorlah. Yang urusan pekerjaan rumah tanggalah. Yang urusan bisnis. Yang kegiatan pelajar. Yang aktifitas organisasi. Yang urusan perkuliahan. Semuanya akan menjadi terhambat, jika kita tidak sehat. Oleh karena itu betapa pentingnya kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Bagaimana Kita Menjaga Kesehatan ?

Timbulnya suatu penyakit bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Namun bisa disimpulkan bahwa faktor penyebab suatu penyakit antara lain :

POLA HIDUP YANG BURUK.

Pola hidup yang buruk adalah pola hidup yang tidak sehat. Yang semau gue. Asal gue senang. Terserah gue. Jadi tidak mememikirkan segala apapun untuk kepentingan orang lain, kecuali untuk keuntungan diri sendiri saja. Tidak memikirkan untuk kesehatan keluarga. Untuk menjaga kelestarian lingkungan. Untuk menjaga kedamaian masyarakat. Untuk mendukung kebahagiaan serta kesekahteraan keluarga dan lingkungan.

Semua aturan-aturan hidup yang menuju kepada kebaikan diabaikan. Acuh beibeh..Ngakunya sih beragama Islam. Tapi tidak menjalankan sholat 5 waktu. Tidak sholat Jum’at ke Masjid. Boro-boro mengajak sholat jama’ah dengan isteri dan anak-anak dirumah. Dia sendiri sebagai kepala keluarga tak pernah sholat. Boro-boro mengajari anak isterinya membaca Al Qur’an. Aduh aduuh...

Bekerja juga menurut aturannya sendiri. Pagi berangkat kerja. Pulang kerja tak langsung pulang kerumah. Tapi mampir entah kemana. Ketempat-tempat maksiat. Atau ketempat-tempat yang mendekati maksiat. Padahal isteri dan anak-anaknya dirumah menunggu kepulangan bapaknya.

Jika ia mendapatkan uang hanya ala kadarnya yang diberikan kepada isterinya. Sementara selebihnya dihampur-hamburkannya untuk kepentingan yang tidak jelas. Ia tidak peduli apakah uang yang diberikan kepada isterinya mencukupi kebutuhan untuk keluarganya atau tidak. Ia hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri saja.

Isteri sangat kerepotan mengurus rumah tangganya. Mengurus anak-anaknya. Menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri. Tanpa pembantu rumah tangga. Karena tak mempunyai cadangan uang yang lebih untuk menggaji pembantu rumah tangga. Melihat kerepotan yang sedemikian rupa, isteri repot mencuci baju sekeluarga, membersihkan rumah, mencuci piring, memasak, ia sebagai suami tak bergeming dari membaca koran berjam-jam lamanya, atau smsan berjam-jam dengan kenalan yang tak jelas.

Sesudah makan malam dirumah segera pergi lagi untuk kepentingan yang tak menentu...Begadang, pulang malam, bahkan terkadang masuk rumah sudah larut malam atau dinihari.

Ini adalah pola kehidupan yang tak sehat. Pola kehidupan yang buruk. Yang jika dilakukan terus menerus akan bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit dimasa yang akan datang. 

Seseorang yang berkehidupan seperti ini tidak menyadari, jika suatu saat nanti jatuh sakit yang sulit disembuhkan, bahwa penyebabnya adalah karena perangainya yang buruk, yang tidak bertanggungjawab baik bagi dirinya sendiri maupun bagi keluarganya.

Bukan hanya kaum laki-laki saja yang bisa berpola hidup yang buruk. Namun banyak juga ibu-ibu rumah tangga yang berpola hidup yang tak sehat. Hidup yang semau gue. Dalam segala hal. Saya punya kenalan dekat. Ia mempunyai beberapa anak. Mempunyai suami yang pekerjaannya wiraswasta dengan penghasilan yang cukup mapan.

Ia, kenalan saya, sebut saja namanya Ibu Anti. Mustinya ia sangat bersyukur diberi oleh Allah, kehidupan yang mapan. Sudah mempunyai rumah sendiri, mempunyai mobil sendiri, tiap bulan diberi uang yang lebih dari cukup untuk belanja. Ia sama sekali tak perlu memikirkan keuangan. Ia tinggal mengelola apa yang diberikan oleh suami.

Nah tapi apa yang diperbuatnya ? Pagi-pagi anak-anaknya tak pernah dibuatkan sarapan. Anak-anaknya mencari sendiri sebagai pengganjal perutnya agar nanti tak kelaparan di sekolah. Ia dari bangun tidur subuh, belum menyapu lantai sudah nongkrong didepan TV sampai suaminya siap untuk berangkat bekerja jam 7 pagi.

Ketika suaminya sudah mandi, sudah memakai baju, ia baru saja beranjak dari duduknya, menstater motor, dan ke warung untuk mencarikan nasi bungkus untuk sarapan suaminya dan dirinya sendiri. 

Subhanalah. Saking sabarnya suaminya. Dirumah jarang ada makanan. Jika ada tamu, lamaaaa ketika si tamu sudah mau pulang baru dia buatkan minuman, itupun dengan ogah-ogahan.

Sampai ketika anak-anaknya pulang nanti sekitar jam 1 siang, belum ada nasi atau sayur dan lauk pauk untuk makan siang anak-anaknya. Diantara anak-anaknya, siapa yang pulang duluan, dialah yang wajib menanak nasi untuk dimakan orang serumah. Anak-anaknya sudah diberinya uang saku sendiri-sendiri untuk makan. Jadi bukan dimasakkan dirumah lalu pulang sekolah tinggal makan.

Alangkah bahagianya anak-anak yang mempunyai ibu yang penuh perhatian, dan kasih sayang. Ketika pulang sekolah, dirumah, diatas meja makan sudah terhidang nasi yang baru saja dimasak tadi di magic com, sayur dan lauk pauk yang bergizi, dan gelas berjajar yang tinggal mengisi air putih. Diujung meja sudah siap buah-buahan yang nanti bisa dimakan sebagai pembuka sebelum makan nasi seperti nasehat Rasulullah SAW.

Tidak seperti anak-anak Ibu Anti. Anak-anak yang merana, yang terlantar. Meskipun masih mempunyai bapak dan ibu. Meskipun keuangan orangtuanya lebih dari cukup. 

Pulang sekolah tentu sangat cape dan lapar. Eh..dimeja makan selalu tak pernah ada apa-apa. Ia masih harus nanak nasi sendiri. Masih harus keluar lagi mencari sesuatu di warung dekat rumah untuk teman nasi. Entah mie mentah yang nanti dimasak sendiri dirumah. Ato telur mentah yang nanti dibuat sendiri telur mata sapi untuk lauk, atau kerupuk dan kecap sussetan. Astaghfirullah...

Ternyata di dunia ini, dijaman yang dimana pengajian sudah digelar dimana-mana. Baik langsung maupun lewat You Tube, masih ada seorang ibu yang sangat pemalas dan demikian teganya kepada anak-anaknya, seperti Ibu Anti tersebut. 

Mudah-mudahan kita menjadi ibu rumah tangga yang salih. Yang takut kepada Allah. Yang menghormati suami. Dan menyayangi anak-anak dan keluarga kita. Amiin.

Nah demikian tadi adalah contoh Pola Hidup Yang Buruk. Yang tidak mengikuti norma-norma yang berlaku. Semau Gue. Terserah Gue. Suka-suka Gue. Asal dirinya sendiri senang. Tidak memikirkan kepentingan orang lain sekalipun itu adalah anak-anak dan keluarganya.

POLA MAKAN YANG SEMBARANGAN.

Makanan yang baik adalah menu makan yang memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Syukur-syukur bisa seimbang gizinya. Antara kebutuhan akan air, oksigen, lemak, protein, karbo hidrat, mineral serta vitaminnya.

Sebab banyak orang terutama ibu-ibu rumah tangga. Yang sembarang masak dan sembarang belanja. Yang tidak memikirkan segi gizi dan nutrisi. Tiap hari tidak pernah masak, namun selalu membeli diluar rumah, atau kuliner. Menunya yang penuh lemak dengan santan, pedas, serta penuh bumbu masak yang aduhai.

Memang enak dilidah, jika dimakan membuat lidah menggeliat. Namun makanan seperti itu, apakah merupakan makanan yang sehat untuk tubuh ? Sate. Mangut. Rendang. Gulai. Rica-rica. Empek-empek.Mie.

Sate mengandung karbon yang siap memicu kanker dalam tubuh. Mangut, biasanya yang dimasak kan mangut lele ? Bumbunya santan kental, pedas, penuh bumbu masak. Semua pemicu kolesterol tinggi rawan terhadap penyakit jantung. Rendang demikian juga. Santan kental, pedas, dan daging adalah makanan yang sulit dicerna oleh lambung, ini penyebab utama sembelit. Gulai, bumbunya santan kental, yang digulai misal daging ayam, daging sapi, atau kepala ikan kakap ? Semua pemicu kolesterol tinggi. Nah Luu..Rica-rica apalagi...bumbunya pedas menyengat karena dengan merica yang extra pedas, sehingga ketika kita makan keringat akan berleleran, dan membuat lambung panas. Iya kan ?

Lupa mengkonsumsi buah. Lupa minum air putih yang banyak. Jadilah, beberapa lama kemudian tiba-tiba kepala kliyengan, jantung berdebar, keringat dingin keluar, perut sakit bukan buatan. Itulah. Kita kena serangan gerd. Penyakit yang membuat penderitaan panjang dalam hidup kita. Karena untuk sembuh perlu waktu yang lama, perlu obat yang mahal, dan perlu ekstra hati-hati mengkonsumsi makanan karena lambung menjadi bermasalah sesudahnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu juga belajar untuk mengatur pola makan yang baik, pola makan yang sehat. Yang memenuhi kebutuhan tubuh, bukan sekedar memenuhi selera lidah. Insha Allah jika pola makan kita baik, akan dapat menjaga kesehatan kita sekeluarga.

POLA PIKIR YANG SELALU NEGATIF.

Orang yang mempunyai kebiasaan selalu berpikir negatif, mempunyai kecenderungan selalu was-was, khawatiran, suudzon. Hal ini bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit dalam tubuh, karena pikiran-pikiran yang negatif bisa menguras enzym dalam tubuh. Padahal enzyme ini sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk bisa tetap sehat.

Dan enzyme ini banyak ditemukan dalam buah-buahan serta sayuran segar. Seberapa persen seseorang bisa mengkonsumsi makanan-makanan segar yang penuh dengan enzyme yang masih utuh ? Karena tiap hari selalu mengkonsumsi makanan matang atau makanan siap saji yang enzymnya telah banyak yang rusak ?

Kecuali makanan-makanan yang masih segar, enzyme bisa terbentuk ketika seseorang hatinya bahagia. Jika seseorang hatinya resah, gelisah, was-was, selalu berpikir negatif, justru kebalikannya, bukan enzyme yang akan terbentuk, namun justru enzyme yang telah ada sangat terkuras. Oleh karena itu orang yang selalu berpikir negatif, cenderung akan gampang terkena sakit daripada yang berpikir positif.

POLA ISTIRAHAT YANG TAK TERATUR.

Tubuh memerlukan istirahat. Untuk mengembalikan stamina, setelah sebelumnya seharian energinya terkuras untuk berbagai aktifitas yang dilakukan. Begadang malam, atau kelelahan yang terus menerus, selalu kurang istirahatnya, tubuh akan kekurangan enzyme sehingga mudah memicu timbulnya berbagai penyakit.

Bekerja harus dengan irama. Harus diatur, bagaimana caranya agar pekerjaan tetap selesai, tanpa mengabaikan kebutuhan tubuh. Kebutuhan akan makan, minum, istirahat, kebutuhan refreshing agar tidak strss.

Refreshing tidak harus mengeluarkan biaya banyak. Bisa bersepeda santai. Bisa jalan santai keliling kompleks. Bisa makan bersama sekali-sekali bersama keluarga. Bisa diskusi bareng dirumah bersama keluarga. Bisa bersilaturahmi mengunjungi sanak saudara. Mengunjungi keluarga kurang mampu dengan memberikan sedekah apa yang kita mampu yang sekiranya dibutuhkan oleh keluarga tersebut. Atau mengunjungi keluarga yang mempunyai anak yatim. Banyak cara yang membuat kita bisa berbahagia sehingga kita selalu sehat.

KEKURANGAN ATAU KETIDAKSTABILAN HORMON.

Kekurangan serta ketidakstabilan hormon. Hal ini dikarenakan banyaknya pencemaran yang kita serap dalam kehidupan sehari-hari. Pencemaran udara karena knalpot kendaraan. Pencemaran pestisida dan zat-zat kimia dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Pencemaran dari air yang kita minum kemungkinan terkontaminasi oleh rembesan limbah. Pencemaran dari sisa-sisa metabolisme yang tidak segera bisa dikeluarkan oleh tubuh karena fungsi sistem tubuh terganggu. Semua itu bisa menggangu kestabilan hormon. Bisa mengurangi hormon yang ada dalam tubuh. Nah kekurangan hormon ataupun terganggunya kestabilan hormon itu sendiri akan berdampak pada terganggunya seluruh fungsi organ tubuh maupun segala system tubuh. Yang ujung-ujungnya adalah timbulnya berbagai macam penyakit dalam tubuh.

MENJAGA HUBUNGAN DENGAN ALLAH SWT.

Dan ini adalah justru faktor yang paling penting dalam hidup, karena hal inilah yang menjadi penentu kesehatan kita lahir maupun batin.

Bagaimana cara menjaga hubungan kita dengan Allah SWT ? Ya dengan cara menjalankan apapun yang menjadi perintahNya, dan menjauhi apa-apa yang menjadi laranganNya...

Jika kita sebagai Umat Muslim ya bagaimana kita menjadi Mukmin yang baik. Menjadi Islam Yang Kaffah. Bagaimana kita menjadi laki-laki yang baik, suami yang baik, bapak yang baik, anggota masyarakat yang baik. Yang bertanggung jawab melindungi, menafkahi serta mendidik keluarganya menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

Jika kita seorang ibu. Ya bagaimana kita menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kita. Menjadi isteri yang tunduk dan patuh kepada suami. Menjadi pendamping suami yang bisa mengelola rumah tangga menjadi rumah tangga yang bahagia dan sejahtera bagi keluarga. Meneladani anak-anaknya dengan kesabaran, dengan kelemahlembutan, dengan rasa yang selalu bersyukur dan tak pernah mengeluh, dengan perjuangan yang keras membesarkan anak-anaknya tanpa mengenal lelah dan penuh keikhlasan.

Meneladani anak-anak dengan taat menjalankan sholat, rajin membaca Al Qur’an dan sikap keteladanan yang mulia dalam kesehariannya.

Itu semua adalah cerminan dari akhlaqul karimah. Akhlak yang diteladankan oleh Rasulullah SAW Junjungan kita Umat Muslim.

Demikian yang saya tahu tips-tips Bagaimana Kita Menjaga Kesehatan lahir dan batin kita, agar selalu sehat sejahtera dan bahagia adanya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sebagai penunjang ikhtiyar fisiknya, saya sarankan kalian menggunakan FIRMAX3, crem kecantikan yang multifungsi. Kecuali bisa mengencangkan wajah, mengencangkan payudara yang kendur, meranumkan kulit, mencerahkan kulit kusam, menghilangkan jerawat dan noda hitam, juga insha Allah bisa menjadi solusi sembuhnya berbagai macam penyakit yang ada didalam tubuh. Silahkan SIMAK DI SINI tentang FIRMAX3.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 26 Maret 2016

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
niniekss Label: 07.28 0 komentar
Posting Komentar

Kembali ke atas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...